Rabu, 23 November 2011

Pulau Derawan

Postingan kali ini saya akan bercerita tentang objek wisata di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yaitu Berau, postingan ini saya tulis setelah saya berlibur ke Daerah Berau selama 4 hari (20-23 des 09) minggu kemarin, sangat disayangkan sekali pengenalan objek wisata di Berau yang saya rasa kurang optimal.
Meskipun hanya kota kecil, Kabupaten Berau menyimpan berbagai potensi wisata yang indah, mulai wisata bahari, wisata alam, sejarah, kuliner, seni, serta budaya. Pusat Kabupaten Berau berada di Kecamatan Tanjung Redeb, yang letaknya di antara dua sungai yang membelah kota Tanjung Redeb, yakni sungai segah dan kelay.
Jika berpergian ke Berau, rasanya sayang kalau tidak menyempatkan diri mengunjungi berbagai objek wisatanya. Di Tanjung Redeb tidak sulit menemukan tempat untuk menginap. Kota ini juga memiliki banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel kelas bintang, melati hingga kelas backpacker yang murah meriah.
Untuk mencapai Tanjung Redeb tidak terlalu sulit. Apalagi saat ini telah tersedia pesawat berbadan lebar jenis boieng 737-200. Pesawat itu siap melayani transportasi wisatawan yang ingin berkunjung ke Berau, baik langsung dari Balikpapan maupun melalui Tarakan. Mau mencoba lewat darat menyusuri jalan poros Balikpapan-Tanjung Redeb juga bisa jadi petualangan yang mengasyikkan.
Objek Wisata Bahari di Berau sangat banyak, diantaranya Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban yang terkenal memiliki keindahan alam bawah laut.
Saya kemarin hanya sempat singgah di Pulau Derawan saja, di Pulau Derawan saja saya sudah terpesona. Keindahan Pantai Derawan sangat bagus, dibanding dengan Pantai di Bali, pantai Derawan jauh lebih bersih dan pemandangan bawah lautnya sangat indah, saya melihat sendiri waktu Snorkling, ikan-ikan hiasnya sangat beraneka ragam, saya juga menjumpai penyu. Pasir pantai Derawan putih bersih, airnya juga jernih. Seorang teman yang pernah ke Bunaken Manado juga mengatakan keindahan Pantai Derawan masih diatas Bunaken di Manado.
Suasana Sunset dan Sunrise nya betul-betul indah, saya tidak melewatkan dua moment tersebut, sore hari sehabis snorkling dan berenang saya sudah menunggu moment matahari tenggelam dan pagi-pagi sekali jam 6 saya sudah keliling pantai untuk menunggu matahari terbit dari ufuk nya.
berikut beberapa foto2 di derawan yang saya abadikan :
Pulau  Derawan
Cottage/ Penginapan di Pulau Derawan (330 ribu/malam) bagi Backpaker juga tersedia kamar 50 ribu/ malam.
pulau  derawan
Mau berjemur kaya bule ada faslitasnya
pulau  derawan
Pantai nya bersih dan indah, nggak kotor
pulau  derawan
Sunset di Pulau Derawan
pulau  derawan
Untuk Objek Wisata di Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Kakaban akan saya posting nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar