Rabu, 23 November 2011

Dinas Pariwisata Kaltim Adakan Lomba Masakan Daerah Khas Kaltim

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, melalui Bidang Bina Jasa dan Sarana Pariwisata mengadakan Lomba Masakan Daerah Khas Kaltim guna melestarikan dan sekaligus mempromosikan keanekaragaman kuliner daerah khas Kaltim yang memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri, (Selasa/15).
Lomba yang merupakan kerjasama Disbudpar Kaltim dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Prov. Kaltim ini dilaksanakan bersamaan dengan Festival Kemilau Benua Etam di Hotel Atlet Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.
“Lomba ini dalam rangka promosi kuliner lokal yang diharapkan timbulnya kreatifitas dalam menimbulkan inovasi-inovasi baru menggali potensi-potensi keanekaragaman masakan khas Kaltim yang unik dimana kita ketahui penduduk Kaltim dari berbagai macam suku. Selain keunikannya yang bisa menarik perhatian turis lokal maupun manca negara ke Kaltim tentu saja enak dan sehat, “ jelas Kepala Disbudpar Kaltim Achmad Adha.
lomba masakan khas kaltim
Peserta Lomba Kuliner Khas Kaltim kali ini terdiri dari dua kategori yaitu kelompok TP PKK se Kaltim dan Persatuan Hotel Restauran Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) khusus Samarinda.
Achmad Adha menambahkan, sebagai motivasi dan penghargaan untuk lomba, para pemenang I kategori kelompok TP PKK mendapatkan Piala Bergilir dari Gubernur Kaltim, H. Awang Faroek Ishak, uang pembinaan dan diikutsertakan pada acara Lomba Masakan Daerah Tingkat Nasional ataupun Penampilan Masakan Daerah Khas Kaltim di luar daerah. Sedangkan untuk kategori PHRI/APJI mendapatkan Piala Bergilir dan Piala Tetap dari Gubernur Kaltim serta uang pembinaan
“Keluar sebagai juara satu kategori TP PKK yaitu TP PKK Kota Bontang dengan masakan andalanya Gammis Bawis, juara dua TP PKK Kota Samarinda dan juara tiga TP PKK Kota Balikpapan, “ kata Achmad Adha.
Untuk kelompok PHRI/AJRI yang mendapatkan juara pertama Catering Sinar Intan, juara kedua Hotel Aston Samarinda dan yang ketiga Swiss Bell Hotel Samarinda.
Acara yang dibuka oleh Asisten IV Setdaprov. Kaltim, H. M. Aswin, ini dihadiri antara lain Ibu Wakil Gubernur Kaltim, Hj. Ruzaimah Farid Wadjdy, Ibu Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Hj. Rita Ratina Irianto Lambrie, Kabid Bina Jasa dan Sarana Pariwisata Disbudpar Kaltim , Ir. Robby George dan Kasi Sarana Pariwisata Disbudpar Kaltim Huddin, S.Sos.(aer/adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar